February 16, 2011

pesan seorang tua pada si muda

“Nak, sesampainya kamu di kehidupan masyarakat baru nanti, ambillah sebatang kayu yang halus dan beberapa butir paku. Tiap malam, merenunglah atas apa saja yang telah kamu perbuat terhadap orang lain pada siang hari sebelumnya. Setiap kamu berbuat jelek atau sehabis menyakiti hati orang lain, pukullah satu batang paku kedalam kayu halus yang kamu bawa.
Sebaliknya …. setiap kamu berbuat satu kebaikan terhadap orang lain, atau kamu meminta maaf terhadap orang yang telah engkau sakiti maka cabutlah satu batang paku dari batang kayu tersebut.
Setelah satu bulan coba kamu amati kembali batang kayu itu, ada berapa batang paku yang masih tersisa pada kayu tersebut ??? Dan lihatlah ada berapa lubang pada kayu karena bekas dari paku yang telah kamu cabut. Ingatlah muridku … meskipun kamu telah mencabut satu batang paku, kamu lihat masih tersisa lubang pada kayu itu. Ibaratkan kayu tadi adalah hati seorang manusia, meskipun engkau telah meminta maaf, maka akan ada bekas lubang meskipun paku telah kamu cabut.
Oleh karena itu muridku, jangan sampai kamu menyakiti hati orang lain baik itu melalui lisan kamu, perbuatan kamu taupun yang lainnya. Karena sekali kamu sakiti hati orang, bekas itu akan sulit untuk dihilangkan meski kamu telah meminta maaf (seperti halnya kamu cabut paku dari batang kayu itu, masih tampak bekas lubang)”



No comments:

Post a Comment

Doxium 500 Capsule xium 500 Capsule  dinyatakan bertujuan untuk merawat  Retinopati diabetik ,  Vena varikos ,  Pengagregatan plat...